Catatan Etja

September 2, 2007

Alergi Udara Dingin

Filed under: Konsultasi, Medical — etja @ 2:57 am

Waktu saya bangun tadi pagi, mendadak tenggorokan saya gatel2, abis itu jadi batuk2 deh. Pagi ini emang dingin banget, n biasanya kalo dingin emang jadinya batuk2 gini. Ini kenapa yah?? Tn. E=== Dari data2 yang disampaikan Tn E sepertinya Tn E menderita alergi udara dingin atau bahasa kerennya Allergic Rhinitis. Alergi udara dingin sebenarnya adalah peradangan yang timbul pada saluran hidung(mukosa) yang disebabkan oleh adanya bahan2 yang mengakibatkan alergi (alergen) dalam hal ini alergennya adalah udara dingin. Dalam translasinya ke bahasa Indonesia saya menggunakan istilah Alergi UDARA dingin supaya tidak terjadi kerancuan dengan alergi dingin yang mengakibatkan gatal-gatal pada kulit ( Cold Urticaria).

Alergi Udara Dingin sering kali “dituduh” sebagai flu. “Penuduhan” yang salah ini dapat mengakibatkan kita meminum obat yang tidak tepat. Walaupun bahaya yang ditimbulkan oleh kekeliruan minum obat ini bisa dibilang cukup minor, akan tetapi jika ini berulang terus menerus tentu akan dapat mengakibatkan gangguan pada fungsi tubuh juga, dalam hal ini terutama memperberat kerja hepar.

FLU VS ALERGI

Sebenarnya cukup gampang membedakan flu dan alergi dingin. Poin-poin perbedaan tersebut adalah sebagai berikut :

1. Demam (-)

Penderita alergi udara dingin biasanya tidak menunjukkan gejala demam, while penderita flu biasanya menunjukkan gejala demam

2. Tenggorokan Gatal (+)

Penderita alergi cenderung merasa <strong> gatal </strong>, sedang penderita flu biasanya diikuti sakit tenggorokan

3. Pembengkakan di sekitar leher (-)

Pembengkakan kecil diakibatkan oleh membengkaknya limfo nodi, biasanya dialami oleh penderita flu.

4. Lemas (-)

Penderita flu cenderung lebih terlihat lemas dibanding penderita alergi

5. Mata merah dan berair (+)

Reaksi alergi juga dapat disertai mata merah dan berair krn alergi yg juga terjadi di area mata.

6. Bersin (++)

Penderita alergi biasanya bersin dalam waktu yg sering, dan diikuti rasa gatal2 dihidung

7. Batuk (++)

Penderita alergi batuk lebih banyak dr penderita flu.

7.Waktu (lama)

Flu biasanya akan sembuh dengan sendirinya setelah bbrp minggu, sedangkan alergi terjadi terus menerus sepanjang penderita terpapar alergen (udara dingin)

8. Riwayat keluarga (+)

Penderita alergi biasanya juga memiliki keluarga yang menderita alergi sama.

Pengobatan Alergi

Pengobatan alergi meliputi 3 hal :

1. Pencegahan Alergi

Tentu saja dengan cara menghindari terpapar dengan alergen.

Cara ini adalah cara paling mudah dan praktis.Untuk penderita alergi dingin : Ketika udara dingin gunakanlah baju yang tebal dan usahakan untuk berkumur2 dg air hangat untuk menghilangkan gatal2 ada tenggorokan

2. Penggunaan obat2an

Penggunaan obat2an hanya dapat mengurangi gejala saja. Obat2 ini tidak dapat mengobati alergi sampai tuntas. Obat yang digunakan adalah obat2an anti-histamine. Dalam hal ini dapat digunakan spray antihistamine intra-nasal yang dihirup dan tetes mata antihistamine.

3. Immunotherapy

Meliputi proses desensitisasi terhadap alergen, proses ini memakan waktu lama, bahkan kadang bisa mencapai waktu 3-5 tahun. Untuk melakukannya harus dilakukan di tempat2 pelayanan kesehatan yang sudah berpengalaman, karena metode ini memiliki efek samping yang cukup besar. Tingkat kesuksesan immunotherapy bervariasi terhadap alergen nya, dalam bbrp kasus bisa mencapai 80 %- 90 %

Kesimpulan :Bagi anda yang menderita alergi dingin, langkah terbaik dan mudah adalah menjauhkan diri dari alergen. Jika udara menjadi dingin, usahakan menggunakan pakaian tebal dan berkumur-kumur menggunakan air hangat. Jika reaksi alergi menjadi sangat berlebihan dan sangat menganggu, segeralah konsultasikan ke dokter.ps: bagi yang tertarik pada patofisiologi alergi dingin, berikut adalah patofisiologi nya

Pathophysiology: Because the nose is the most common port of entry for allergens, in patients with allergies, signs and symptoms of allergic rhinitis, not surprisingly, are the most common complaints.

Four types of hypersensitivity responses exist, as initially classified by Gell and Coombs and later modified by Shearer and Huston. Individuals with allergic rhinitis are thought to have type I reactions.

After initial exposure to an antigen, antigen-processing cells (macrophages) present the processed peptides to T helper cells. Upon subsequent exposure to the same antigen, these cells are stimulated to differentiate into either more T helper cells or B cells. The B cells may further differentiate into plasma cells and produce immunoglobulin E (IgE) specific to that antigen. Allergen-specific IgE molecules then bind to the surface of mast cells, sensitizing them.

Further exposures result in the bridging of 2 adjacent IgE molecules, leading to the release of preformed mediators from mast cell granules. These mediators (ie, histamine, leukotrienes, kinins) cause early-phase symptoms such as sneezing, rhinorrhea, and congestion. Late-phase reactions begin 2-4 hours later and are caused by newly arrived inflammatory cells. Mediators released by these cells prolong the earlier reactions and lead to chronic inflammation. (Nguyen,2007)

28 Comments »

  1. utk melengkapi tulisan ini anda bisa lihat dikuliah THT lainnya. tulisan cukup bagus, karena dasar kepustakan yg terbaru. Semoga sukses

    Comment by marsal — September 2, 2007 @ 9:34 am

  2. haaacchhiinngg!!!!
    hahhahaha…gila mantap amaaattt lengkaapp gene jwbannya!!
    hwahahhaha..PBL works for you!

    Comment by pinkie — September 6, 2007 @ 3:22 pm

  3. Kepustakaan yang bagus,,semoga bisa di aplikasi kan

    Comment by Yufi S Ked — September 9, 2007 @ 2:57 pm

  4. Tq nez….
    Ada tugas ni!
    HEhehehe! :P

    Comment by jurez — September 11, 2007 @ 9:55 am

  5. @jurez : Senang bisa membantu :P tulisin di saftar pustaka gih :D

    Comment by etja — September 11, 2007 @ 10:46 am

  6. saya mau bertanya….? apakah sakit alergi ini tidak dapat disebuhkan? apa penyebab dari alergi ini? saya sudah lama mengalami yang namanya alergi?? apakah ini tidak akan sembuh lahi?? tiap pagi alergi saya ini muncul dengan sendirinya, saya tidak tahu kenapa, dan lama-lama tenggorokan saya ini akan terasa gatal. tolong kasih solusi nya yang terbaik buat saya….???

    terimsakasih…

    Comment by mirna simorangkir — September 14, 2007 @ 7:41 am

  7. @bu/mbak Mirna : terimakasih atas kunjugannya :)
    Sakit alergi, seperti yg saya bahas di atas sebenarnya bisa disembuhkan melalui terapi immun, namun hal ini butuh biaya dan waktu yang sangat lama.

    Sebab dr penyakit alergi muncul sudah sy bahas di bagian patophysiology di atas. Yang jelas alergi bukan lah krn kesalahan siapa2, dg kata lain sudah bawaan.

    Alergi yang muncul setiap pagi menunjukkan kalau setiap pagi anda terpapar alergen, yaitu udara dingin. Mungkin bisa saya simpulkan kalau anda tinggal di daerah yg agak dingin.
    Obat penghilang gejala alergi sebenarnya ada, tapi saya sangat tidak menyarankan obat ini diminum setiap kali serangan. Karena obat ini memiliki efek samping yg cukup berbahaya, dan TIDAK bisa menghilangkan alergi.

    Saran saya adalah coba lah tidur menggunakan pakaian yang tebal dan hangat, kalau perlu gunakan syal untuk menutupi leher, selain itu usahkan untuk segera kumur2 dg air hangat sebangunnya anda. Hal2 ini dapat membantu mengurangi gejala yang muncul.

    Kalau memang dg bantuan hal2 di atas alergi masih sangat menganggu, sebaiknya anda segera menghubungi dokter untuk dibicarakan langkah yang tepat.

    Terimakasih :)

    Comment by etja — September 14, 2007 @ 9:21 am

  8. Gw jg orangnya alergi hawa dingin, kalo masuk keruangan ber-AC sebentar aja, hidup langsung berair walaupun kadarnya ngga terlalu banyak. tp kalo semalaman tidur di ruang ber-AC, sudah dipastikan 1 jam saja hidung langsung berair susah dihentikan dengan kadar yg banyak, disertai pula bersin-bensin ngga ketulungan. sampe2 mata bengkak merah berair mo keluar, baru berhenti kalo ingus ditengorokan dikeluarkan semua, kemudian baru gw bikin air jahe anget diseduh campur gula kemudian diminum. ya lumayan mengurangi gtu.
    Apa ada obatnya ya ?
    gmana nih advisnya buat saya, mbak mas para senior … mohon japri di mrsinggih@gmail.com untuk masalah ini biar ngurangi problem saya gitu

    Comment by mrsinggih — October 26, 2007 @ 5:17 am

  9. tolong phatofisiologi ringitis di perjelas

    thxxxxx

    Comment by vera — November 21, 2007 @ 7:30 am

  10. pgn sedkt nanya nh soal alergi…!!!
    jk seseorg udh dr dl pernah kena alergi, apa alergi bs berdampak pd saat dia hamil/kehamil? apa lg jk ibu yg pernah memiliki alergi yg ckp parah? kemana2 hidung terus tersumbat. apa yg hrs dilakukannya dan gmn cara agar ibu tidak mudah alergi dan mudah saat bernafas legah. Tq

    Comment by nita — November 25, 2007 @ 3:22 pm

  11. @nitta :
    Alergi apa rupanya bu Nitta ??
    Secara langsung alergi tidak akan berdampan sangat berbahaya pada kandungan, namun ketidaknyamanan pada masa mengandung tentu sedikit banyak dapat mengakibatkan gangguan pada kehamilan.
    Prinsip utama penanganan alergi seperti sudah saya bahas diatas adalah jauhi alergen eg: debu, dingin dll
    Jika alergi benar2 sangat mengganggu dan tidak dpt dihindari cobalah berobat ke dokter :)

    Comment by etja — November 25, 2007 @ 3:32 pm

  12. wkt saya SMP, saya ga kena alergi Rhintis. tapi pas udh SMA, saya jadi punya alergi Rhintis. biasanya kambuh kalo saya bangun tidur (ga cuma tidur malam, tidur siang juga), dan kalo udara dingin (biasanya lagi)..
    waktu SMP dulu, saya ke sekolah naik mobil jemputan, trus kelasnya ga ber-AC..
    kalo sekarang (SMA), saya ke sekolah diantar naik motor, pulangnya naik angkot. trus kelasnya ber-AC.
    itu ada hubungannya ga dengan alergi Rhintis yg saya alami?
    oia, tlg bgt ya japri saya di estrellamethyst@gmail.com
    terimakasih bnyk ya sblmnya,,

    Comment by estrella — December 14, 2007 @ 5:16 pm

  13. Saya sedang mengalami alergi, pas banget. udara memang sedang tak bersagabat. obat alergi sudah saya konsumsi. thanks.

    Comment by dedipri69 — February 13, 2008 @ 12:52 pm

  14. istri saya setiap kena udara dingin pasti timbul bentol atau kaya bekas tergores kulitnya, tiap muncul gejala tersebut istri saya selalu minum obat anti alergi, nama obatnya insidal, apakah ada cara untuk mengobatinya alerginya, apakah obat tersebut ada efek sampingnya? terimakasih

    Comment by dikdik — February 15, 2008 @ 3:50 am

  15. Akhir2 ini saya kulit saya (sekujur tubuh) sering gatal dan timbul bentol2 merah..orang bilang sih alergi..setelah badan dibungkus pake jaket dan kaos kaki biasanya hilang sendiri..kesimpulan saya , saya alergi dingin..bagaimana obatnya ya..biar tidak kambuh lagi..dan mengapa sekarang saya terkena alergi ini..sebelum2nya tidak pernah..ada yg bisa bantu menjelaskan..terimakasih..

    Comment by Joice — March 9, 2008 @ 4:09 pm

    • Akhir2 ini saya kulit saya (sekujur tubuh) sering gatal dan timbul bentol2 merah..orang bilang sih alergi..setelah badan dibungkus pake jaket dan kaos kaki biasanya hilang sendiri..kesimpulan saya , saya alergi dingin..bagaimana obatnya ya..biar tidak kambuh lagi..dan mengapa sekarang saya terkena alergi ini..sebelum2nya tidak pernah..ada yg bisa bantu menjelaskan..terimakasih.

      Comment by teguh — December 19, 2009 @ 7:56 am

  16. Saya mau tanya kalo alergi debu dan dingin ngatasinya sama aza ya dan kalo kita sering kumur-kumur mengunakan obat kumur seperti Listerine dalam jangka waktu lama ndak ada efek sampingnya ya. Karena saya sekarang lagi menderita alergi debu dan hawa dingin gatel deh tenggorokan ya dan makanan yang perlu dihindari apa ya.

    Trisms
    Rini Banjarmasin

    Comment by Rini — April 25, 2008 @ 4:48 am

  17. saya mau tanya, saya baru tau kalau saya ini alergen, setiap kali gejala ini muncul saya minum obat flu untuk mengurangi bersin bersin,karna sangat mengganggu aktifitas. yg ingin saya tanyakan adakah dampak dari obat flu yang sering saya minum. makasih ya untuk bantuannya

    Comment by martin — May 29, 2008 @ 2:54 pm

  18. sy mahasiswa teknik yang akrab dengan air atiun udara dingin.bgni tiap sy tersa dingi kulit sy tersa gatal dan muncul bentol2 merah.tlong blsannya karena ini sdh bertahun tahun

    Comment by bagus — June 2, 2008 @ 8:14 pm

  19. cuma mau nanya, dingin itu jadi alergen ya? bukannya degranulasi sel mast itu dapat dicetuskan salah satunya oleh udara dingin? tapi mekanismenya juga gak ngerti..
    Kalo diriku gak salah dingin juga dapat mencetuskan “gejala” alergi tapi bukan melewati immunoglobulin. waAllahu ‘alam bi showab

    Comment by niar-kun, s.ked — June 16, 2008 @ 6:50 am

  20. selama ini alergi dingin menjadi momok bagi saya,bnyak yang hilang dri kehidupan normal saya mulai dri pekerjaan sampe indahnya pagi.coz klo saya paksakan sama aja seperti dihajar orang sekamfung..mata sembab tulang rasanya lepas semua ( sama seperti org sakaw ) ato mungkin kenang2 pas make dolo kali yah hehehehe…to de paoint aja deh
    ini yg aku lakukan klo semua itu kambuh !!

    1.berjemur dipanas matahari sambil mejamin mata

    2.istirahat kembali ( tidur2an )

    3.minum air yang bnyak : usahakan tidak mengkonsumsi minuman energi meski bisa menekan alergi coz bikin kecanduan.

    4.minum beer : klo kepepet ada kerjaan pagi

    disamping itu kita harus juga berani melawan alergi dingin. untuk pemula usahakan 1 bulan sekali bangun pagi dan merasakan alergi itu kambuh ( baiknya dilakukan minggu coz libur kali yah hehehe ) agar kita gak menjadi tawanan ama tuh alergi. ok itu aja mungkin ada rekan yang mau nambahin jln kluar ?? coz kita sama2 cari solusi nih

    Comment by fuske — March 28, 2009 @ 6:59 pm

  21. Gw jg mengalami alergi dingin, kadang 2 atau 3 hari sekali.Klo cuaca lg ga stabil bs tiap hari. Yg paling nyebelin klo hidung gatel2 jadinya beraktifitas ga konsen. Ada solusi ga buat mengatasi hidung gatel2 + bersin2…..!!

    Comment by Aqin — November 5, 2009 @ 1:41 am

  22. oh ya apakah alegi dingin juga ada pengaruhnya dengan ketinggian tempat kita berdiri,.. misalnya pertamanya dia ada di lantai satu lalu dia pindah ke lantai 2.. trus apakah alergi dingin itu gejalanya juga meliputi pusing2 dan sesak napas?????

    Comment by khoirunnisa novitasari — December 2, 2009 @ 2:16 pm

  23. Pgn nanya nih…
    Klo udara dngin bgt biasax q sring batuk2 n t’rsa agk nyeri di dada…dlu p’rnh check k dr stelah dpriksa ktx gpp cmn alergi dgin…pa emg bner ya alergi dgin smpe b’akibt ftal gt..?ato mgkin da pnyakit lain?tlong dong minta sokusix…thanks bgt ya…

    Comment by engi — January 16, 2010 @ 11:55 am

  24. mohon patofisiologinya di perjelas………

    Comment by kiel — May 5, 2010 @ 5:02 pm

  25. kalo saya stiap malam psti flu,, smpai-sampai saya tidak bisa tidur akibat gejala ini , bagaimna mngatsi nya?
    apa jalan kluar nya,, asal minum es pasty malam nya suka flu, tapi saya lihat” sama saja saya minum es dengan tidak flu ini dteng dngn sendiri ny stiap malam , bagaimna mngtasinya.. trimakasih .. :)

    Comment by laksenda — October 9, 2010 @ 10:41 am

  26. kenapa ya seetiap cuaca dngin badan saya bentol bentol semua,gimana cara penyembuhan nya ya??

    Comment by bayu — October 29, 2010 @ 11:56 pm

  27. terimakasih atas semuanya… saya sekarang mengalami alergi dingin dengan rasa batuk n bersin2…

    Comment by dwi astutik — January 14, 2011 @ 1:34 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Banana Smoothie Theme. Create a free website or blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: