Catatan Etja

April 1, 2007

Masuk Angin??Ga Enak Badan??

Filed under: Konsultasi, Medical — etja @ 3:28 pm

B: Nape lo??lemes amat..

A: duh..kayaknya gw masuk angin d…gara semalam begadang ni…

B: kerokan sono..biar cepet sembuh

============================

Dalam percakapan sehari-hari kita tentunya sering mendengar istilah “masuk angin”, dan “ga enak badan”. Walaupun terdengar simpel tapi kata-kata tersebut susah dicari padanannya dalam dunia kedokteranšŸ˜‰

Masuk Angin dan Tidak Enak Badan, jika dipadankan pada istilah dunia kedokteran adalah gejala awal flu, yang biasanya meliputi badan terasa panas-dingin, pegal linu, dan sakit kepal. Biasanya yang dilakukan oleh masyarakat untuk mengobati adalah denga cara mengerok. Semakin merah bekas kerokan seringkali dianggap sebagai tanda keampuhan pengobatan kerokan tersebut. Padahal sebenarnya bekas merah itu timbul karena pecahnya kapiler di bawah permukaan kulit. Hal ini tentu saja sebenarnya tidak baik untuk tubuh kita.

Sebenarnya kebanyakan masuk angin dapat disembuhkan oleh daya taha tubuh kita sendiri. Oleh karena itu, jika anda mengidap gejala-gejala masuk angin, yang tentunya harus anda lakukan adalah perbanyak makanan sehat, vitamin C, perbanyak minum air, dan istirahat. Dengan demikian anda telah mengoptimalkan daya tahan tubuh anda dalam melawan penyakit.

Yang perlu diwaspadai adalah rasa masuk angin yang disertai keringat besar, disertai rasa nyeri atau rasa berat di dada yang biasa disebut sebagai angin duduk. Angin duduk ternyata tak sekedar masuk angin berat, tetapi identik dengan sindrom serangan jantung koroner akut. Bahkan bisa menimbulkan kematian hanya dalam waktu 15 hingga 30 menit sejak serangan pertama. Jadi jika Anda tiba-tiba merasa nyeri dada, sebaiknya tidak melakukan aktivitas fisik apapun termasuk berhubungan seks. Segeralah pergi ke rumah sakit yang menyediakan fasilitas penanganan gawat darurat jantun.

5 Comments »

  1. Eh, beneran ya itu angin duduk? Kayake aku serinng ngerasa tuh, tapi cuma bentar, ga bakal lebih dari 5 menit, huhuhu

    Comment by Reza d' Bhro — April 14, 2007 @ 2:28 pm

  2. huih iya yah..
    hauhauhau..
    makasih tja makasih dah dikasih tau =p=p=
    moga2 jadi calon dokter yang bae yah^^ amien=)
    Semangat INTEGER! ^__^

    Comment by intan — April 16, 2007 @ 2:49 pm

  3. penesaran banget nech ama masuk angin.
    yang detail dunk tentang masuk angin
    jwabnya udah pasaran
    ndeso banget

    Comment by lia — October 25, 2007 @ 2:35 am

  4. wah’ . . .
    aq jga sring bgt ngrasain tu’ . . .
    jdi tkut aq’ . . .

    Comment by sheyla — May 31, 2010 @ 1:27 am

  5. wah mkasih.. gw g masuk angin ni.. tdinya se mau kerokan tpi gk jdi akh.. mending mkan yang bergizi minum vit C dan banyak minum air putih.. persis yang di jatakan diatas.. thanks

    Comment by dza — June 10, 2010 @ 8:30 pm


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: