Catatan Etja

September 22, 2007

[Intermezzo] Cinta dan Waktu

Filed under: Daily Life — etja @ 3:06 pm

 Sedikit renungan,

bikin terharu bgt..

credit : .ern

(more…)

Advertisements

September 15, 2007

Tumor

Filed under: Medical, Scientific — etja @ 2:02 am


apa bnr org yg kena tumor,stlh d operasi,pd umumny hny brthn 5 th??ktx kl lbh berarti org tsb bs brthn thd tumor tsb…

===

 

Pertanyaan ini dikirimkan kepada saya beberapa hari yang lalu, namun karena sedikit kesibukan di kampus, baru hari ini saya bisa menjawabnya.

(more…)

September 14, 2007

Olahraga

Filed under: Medical, Opini — etja @ 3:42 pm

Banyak yang bertanya tentang bagaimana cara nya menguruskan badan yang benar, olahraga yang benar, dan pertanyaan2 sejenis itu kepada saya. Ada yang bercerita kalau dia sudah rajin olahraga tapi kok masih tetap penuh lipid sana sini.

Jadi mari kita luruskan kekeliruan itu disini.
Gampangnya,aktivitas itu membutuhkan energi, nah dalam rangka menghasilkan energi itu tubuh mengambil dr makanan yang kita cerna, dalam hal ini yang  terbanyak adalah glukosa dan lemak.

Nah kalo kita beraktivitas akan ada proses pembakaran bahan2 itu. Pembakarannya bukan sembarang dibakar saja. Mekanismenya gini, jika kita berolahraga dalam waktu singkat, maka yang terjadi adalah pengambilan energi dr glukosa secara anaerob. Baru jika kita berolahraga dalam waktu lama (kurang lebih 30 menit), terjadi lipolisis yang menghasilkan energi lebih besar dan membakar lemak di tubuh.
Kesimpulannya :

1. Kalau anda mau melatih otot lakukan lah olahraga berat dalam waktu relatif singkat secara teratur

TAPI

2. Kalau anda mau mengurangi lemak, lakukanlah olahraga sedang (jogging) minimal 30 menit seminggu tiga kali untuk memastikan terjadinya lipolisis (pembakaran lemak)

ps:maap ga detil..dah agak malam..jd ngantuk 😀

pps: mari kita sama2 berjuang ~dr yg lagi diet juga~

September 12, 2007

Ayo Lari !! Tiap Pagi !!

Filed under: Daily Life — etja @ 4:39 am

pre-script: teringat lagu rekan siswi putri pas jaman SMA dulu 😀

Ayo Lari !! Tiap Pagi !! Badan Sehat, Kuat Kaki 😛

Mama mama can’t u see

Taruna is good for me

I used to be a lazy girl

Now I am a polite girl

note: btw kayaknya nih lagu sebenere 2 lagu, tapi yg keinget cuma bagian ini 😛

=======

(more…)

September 11, 2007

Med Student = belajar 4 jam sehari ??

Filed under: Daily Life, Medical — etja @ 3:28 pm

Menjadi mahasiswa kedokteran itu kadang susah-susah gampang, masa gampangnya sudah pernah saya rasakan di semester 1. Nah kayaknya sekarang masuk ke masa susah-susahnya nih :).

Semester ini (seperti yang sudah saya sampaikan di post sebelumnya) dipenuhi dengan fisiologi dan biokimia. Bagi beberapa orang semester ini terkesan lebih santai dr semester 2 yang memuat anatomi. Tapi tidak bagi sebagian lainnya, dalam hal ini termasuk saya.

Kebobrokan nilai anatomi (hiks.. 😦 :P) “memaksa” saya untuk meningkatkan porsi belajar di semester ini. Sesuai dg target penjadwalan hidup di awal sem ini. Maka, saya pun mengalokasikan waktu untuk belajar setiap harinya. Alokasinya berkisara antara 4-5 jam per hari untuk kedua mata kuliah vital ( faal, biokim). Syukurnya, sampai saat ini kelihatannya aku masih cukup taat dengan jadwal ini. Doakan bisa bertahan terus ya 🙂

Wew..Mungkin beberapa orang bakal menganggap belajar dalam jumlah segitu adalah hal yang berlebihan, tapi, faktanya jumlah segitu pun kadang terasa tidak cukup buat aku ( yang masih dalam masa  pembentukan habit belajar yang baik). Aku jadi teringat cerita seorang senior di FK, even anak terjenius di angkatannya, yang -patut dicatat-, punya ingatan semi-fotografis, mengalokasikan 8 JAM untuk belajar sehari. Yups, dua kali lipat alokasi waktuku yang , patut tidak dicatat, relatif lelet, dongo, n sedikit tolol :P.

Jadi kalau ada pertanyaan

Apakah Med Sudent = belajar  4 jam sehari ??
ANDA SALAH!!!

menjadi med student = belajar 2 X 4 Jam sehari 😛

nb:doakan saya kuat yah 🙂

Selamat Datang Bulan Ramadhan :)

Filed under: Daily Life — etja @ 11:23 am

Wah..tidak terasa sebentar lagi udah masuk Bulan Puasa 🙂

Nah, berhubung mau Puasa nih, Etja mau minta maaf ama semuanya..
Siapa tahu ada tangan yang salah pegang, kaki yang salah tendang, atau lidah yang salah bilang..

Mohon maaf yang sebesar2nya 🙂

Selamat menjalankan ibadah Puasa bagi yang menjalankan..
SEMANGAT!!!

September 9, 2007

Myasthenia Gravis

Filed under: Medical, Scientific — etja @ 6:20 am

Warning!!! Heavy Material!! ===

Myasthenia Gravis adalah salah satu kelainan immun bawaan yang cukup langka. Di Amerika prevalensi penyakit ini adalah 2 dari setiap 1.000.000 penduduk. 

(more…)

What Tarot Card are You ??

Filed under: Daily Life, Entertainment — etja @ 12:59 am

You are The Magician

Skill, wisdom, adaptation. Craft, cunning, depending on dignity.

Eleoquent and charismatic both verbally and in writing,you are clever, witty, inventive and persuasive.

The Magician is the male power of creation, creation by willpower and desire. In that ancient sense, it is the ability to make things so just by speaking them aloud. Reflecting this is the fact that the Magician is represented by Mercury. He represents the gift of tongues, a smooth talker, a salesman. Also clever with the slight of hand and a medicine man – either a real doctor or someone trying to sell you snake oil.

What Tarot Card are You?Take the Test to Find Out.

 

 Habis blogwalking ke blognya bang fertob, iseng2 nyoba deh 🙂

Wow..hasilnya lumayan akurat 😛

Terutama bagian smooth talker..:P

Indeed i am 😀

So what tarot card are you ?? 😀 

September 2, 2007

Alergi Udara Dingin

Filed under: Konsultasi, Medical — etja @ 2:57 am

Waktu saya bangun tadi pagi, mendadak tenggorokan saya gatel2, abis itu jadi batuk2 deh. Pagi ini emang dingin banget, n biasanya kalo dingin emang jadinya batuk2 gini. Ini kenapa yah?? Tn. E=== (more…)

September 1, 2007

Semester Baru, Takut ??

Filed under: Daily Life — etja @ 1:40 pm

    Terhitung mulai tanggal 3 September besok, aku akan resmi menjadi seorang mahasiswa kedokteran semester 3. Beranjak menjadi semester 3 sedikit banyak membuat aku senang, karena bagaimanapun aku satu semester lebih deket dari tujuan jangka menengahku, menjadi dokter. Di sisi lain, deg-deg-an tentu juga terasa, semester 3 dengan pelajaran baru (Fisiologi dan Biokimia) seakan bagai rintangan yang harus aku taklukan dalam rangka mencapai tujuanku.

Jika ditanya apa persiapanku dalam menghadapi semester ini, kayaknya aku bakal dengan percaya diri bilang, “mentally prepared!!”. Tapi apakah aku benar2 siap ?? Mengingat liburan ini telah kuhabiskan dengan banyak waktu terbuang percuma.  Aku tetap bakal berkata ” AKU SIAP!!” Kenapa aku berani berkata “Aku Siap!!”, tentu karena aku [b] memang harus siap [/b] adalah hal yang bodoh kalau aku sampai di awal semester ini tetap dengan pikiran yang belum siap. So, mau aku udah persiapan atau belum, aku akan tetap bilang “Aku SIAP!!”. Setidaknya sudah menyiapkan mental untuk yang terburuk.

Oh iya, hasil evaluasi pribadi semester kemarin menunjukkan sepertinya masih banyak hal yang harus dibenahi dalam hidup keseharianku. MANAJEMEN WAKTU!!!! Itu yang harus kuperhatikan!! Jangan menyia-nyiakan waktu!! Hal inilah yang amat sangat kurang di semester kemaren, sehingga berakhir pada turunnya nilai semester kemarin (walau tentu saja pencapaian pendidikan tidak hanya dinilai dr pencapaian poin akademis saja). Tentunya tekad ini akan hanya menjadi tekad semata kalau aku tidak menetukan langkah2 praktis untuk mengatur penggunaan waktu ku dengan lebih baik. Solusinya klasik, Jadwal Harian. Tapi jadwal harian pun akan sekedar jadi jadwal harian kalo tidak dipatuhi dengan baik. Bagaimana caranya agar aku dapat disiplin dengan jadwal harian itu? sampai saat ini berikut langkah2 ku :

1. TEKAD!!!

ini nomer 1. Pokoknya semester ini kudu lebih baiK!!!

2. Bikin dengan bagus

kita kecenderungannya lebih seneng melihat hal2 yang bagus, makanya Jadwal Harian kudu dibikin rapi. Dalam hal ini kayaknya aku bakal make iCal nya Mac ku. Tampilannya yg rapi n user-friendly kayaknya cukup mendukung.

3. Jangan muluk2.

Alokasi waktu jangan berlebihan. STUDY HARD PLAY HARD!! adalah hal yg konyol kalo aku mengalokasikan waktu bwt belajar sehari 12 jam.

4. Minta sarannya yah ?? Silakan tinggalin di komen yah 🙂

ps: ada sebuah impian yang ingin kukejar di semester ini. Research. Wish me Luck!!

Create a free website or blog at WordPress.com.