Catatan Etja

September 1, 2007

Semester Baru, Takut ??

Filed under: Daily Life — etja @ 1:40 pm

    Terhitung mulai tanggal 3 September besok, aku akan resmi menjadi seorang mahasiswa kedokteran semester 3. Beranjak menjadi semester 3 sedikit banyak membuat aku senang, karena bagaimanapun aku satu semester lebih deket dari tujuan jangka menengahku, menjadi dokter. Di sisi lain, deg-deg-an tentu juga terasa, semester 3 dengan pelajaran baru (Fisiologi dan Biokimia) seakan bagai rintangan yang harus aku taklukan dalam rangka mencapai tujuanku.

Jika ditanya apa persiapanku dalam menghadapi semester ini, kayaknya aku bakal dengan percaya diri bilang, “mentally prepared!!”. Tapi apakah aku benar2 siap ?? Mengingat liburan ini telah kuhabiskan dengan banyak waktu terbuang percuma.  Aku tetap bakal berkata ” AKU SIAP!!” Kenapa aku berani berkata “Aku Siap!!”, tentu karena aku [b] memang harus siap [/b] adalah hal yang bodoh kalau aku sampai di awal semester ini tetap dengan pikiran yang belum siap. So, mau aku udah persiapan atau belum, aku akan tetap bilang “Aku SIAP!!”. Setidaknya sudah menyiapkan mental untuk yang terburuk.

Oh iya, hasil evaluasi pribadi semester kemarin menunjukkan sepertinya masih banyak hal yang harus dibenahi dalam hidup keseharianku. MANAJEMEN WAKTU!!!! Itu yang harus kuperhatikan!! Jangan menyia-nyiakan waktu!! Hal inilah yang amat sangat kurang di semester kemaren, sehingga berakhir pada turunnya nilai semester kemarin (walau tentu saja pencapaian pendidikan tidak hanya dinilai dr pencapaian poin akademis saja). Tentunya tekad ini akan hanya menjadi tekad semata kalau aku tidak menetukan langkah2 praktis untuk mengatur penggunaan waktu ku dengan lebih baik. Solusinya klasik, Jadwal Harian. Tapi jadwal harian pun akan sekedar jadi jadwal harian kalo tidak dipatuhi dengan baik. Bagaimana caranya agar aku dapat disiplin dengan jadwal harian itu? sampai saat ini berikut langkah2 ku :

1. TEKAD!!!

ini nomer 1. Pokoknya semester ini kudu lebih baiK!!!

2. Bikin dengan bagus

kita kecenderungannya lebih seneng melihat hal2 yang bagus, makanya Jadwal Harian kudu dibikin rapi. Dalam hal ini kayaknya aku bakal make iCal nya Mac ku. Tampilannya yg rapi n user-friendly kayaknya cukup mendukung.

3. Jangan muluk2.

Alokasi waktu jangan berlebihan. STUDY HARD PLAY HARD!! adalah hal yg konyol kalo aku mengalokasikan waktu bwt belajar sehari 12 jam.

4. Minta sarannya yah ?? Silakan tinggalin di komen yah🙂

ps: ada sebuah impian yang ingin kukejar di semester ini. Research. Wish me Luck!!

4 Comments »

  1. ne,,,
    setuju banged sama poin nomer 3.

    sedikit bagi pengalaman, awal libur musim panas saya menjadwalkan:
    2 jam belajar mat (atau) fis (atau) kim
    100 kanji per hari (atau) 3 bab bunpou
    alokasi 2 jam untuk pr

    dan emang yah, sesuatu yang terlalu muluk itu memang muri. dan setelah menyadarinya pada awal minggu ketiga liburan, saya mengganti jadwal jadi lebih manusiawi dengan menambahkan jadwal senang2 juga😀

    and, it worked. Altough not in 100%, but in higher percentage than before.

    gutlak manusia yang baru potong rambut. Semangat emang gak boleh pudar🙂

    Comment by matagede — September 2, 2007 @ 3:07 am

  2. jadwal di atas maksudnya jadwal harian😉

    Comment by matagede — September 2, 2007 @ 3:08 am

  3. SMANGATT!!!!

    Comment by pinkie — September 6, 2007 @ 3:25 pm

  4. adA Info jadwal PPGD 2008?kalau ada tolong dikirim ya?…
    terima kasih

    Comment by widodo — October 15, 2008 @ 3:56 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: