Catatan Etja

September 11, 2007

Med Student = belajar 4 jam sehari ??

Filed under: Daily Life, Medical — etja @ 3:28 pm

Menjadi mahasiswa kedokteran itu kadang susah-susah gampang, masa gampangnya sudah pernah saya rasakan di semester 1. Nah kayaknya sekarang masuk ke masa susah-susahnya nih🙂.

Semester ini (seperti yang sudah saya sampaikan di post sebelumnya) dipenuhi dengan fisiologi dan biokimia. Bagi beberapa orang semester ini terkesan lebih santai dr semester 2 yang memuat anatomi. Tapi tidak bagi sebagian lainnya, dalam hal ini termasuk saya.

Kebobrokan nilai anatomi (hiks..😦 :P) “memaksa” saya untuk meningkatkan porsi belajar di semester ini. Sesuai dg target penjadwalan hidup di awal sem ini. Maka, saya pun mengalokasikan waktu untuk belajar setiap harinya. Alokasinya berkisara antara 4-5 jam per hari untuk kedua mata kuliah vital ( faal, biokim). Syukurnya, sampai saat ini kelihatannya aku masih cukup taat dengan jadwal ini. Doakan bisa bertahan terus ya🙂

Wew..Mungkin beberapa orang bakal menganggap belajar dalam jumlah segitu adalah hal yang berlebihan, tapi, faktanya jumlah segitu pun kadang terasa tidak cukup buat aku ( yang masih dalam masa  pembentukan habit belajar yang baik). Aku jadi teringat cerita seorang senior di FK, even anak terjenius di angkatannya, yang -patut dicatat-, punya ingatan semi-fotografis, mengalokasikan 8 JAM untuk belajar sehari. Yups, dua kali lipat alokasi waktuku yang , patut tidak dicatat, relatif lelet, dongo, n sedikit tolol😛.

Jadi kalau ada pertanyaan

Apakah Med Sudent = belajar  4 jam sehari ??
ANDA SALAH!!!

menjadi med student = belajar 2 X 4 Jam sehari😛

nb:doakan saya kuat yah🙂

6 Comments »

  1. Wat???
    8 jam??
    Ck ck ck!!
    Hebat2 hebat!
    Bayangkan di UNS. (Khususnya jurez ya!)
    kita tuh di kampus aja udah menghabiskan waktu 5,5 jam untuk dicekokin teori-teori. Setiap HAri! ( Ya selang seling kuliah-praktikum) mulai dari anatomi biokimia fisiologi parasitologi histologi dan temen2nya!!!
    Jadi,,,kadang tu sampe rumah uda ‘lelah’ nes!!
    Palingan kalo lagi rajin, pas malem bisa lah belajar max 2jam. ITu mah uda bagus bgt!!
    Waduh,,,
    Btw,btw,,,,
    Anatomi uda kamu lahap semua itu??

    Comment by jurez — September 14, 2007 @ 11:52 am

  2. Wat????
    8 jam??
    Oke,,Saya dukung NEz!!
    Tapi personally, aku ga sanggup!
    Bayangkan di UNS,,,(Masih konven)
    Kita kuliah full dari jam setengah 8 sampe jam 1.
    Itu dicekokin teori2 mulai dari anatomi fisiologi biokimia histologi parasitologi dkk.
    SAmpe rumah uda capekkk bgt!!

    JAdi klo malem pun ‘aras-arasen’ mo belajar!
    Paling klo lagi rajin tu max 2 jam lah untuk belajar, itu pun jarang,
    Paling belajarnya klo mo pretes aja!!

    Huhuhuh,,,,
    JAdi ingin mencoba PBL!!!
    Seru bgt kayaknya!
    HEhehe

    Smgt!

    Comment by jurez — September 14, 2007 @ 11:59 am

  3. @jurex : jur unair itu hybrid PBL, jadi kita walo pun ada modul tapi tetep ada kulaih konve..Dalam kasusku aku ada kuliah konve faal n biokim..Sama aja kok jur. AKu kul dr jam 7 pagi ampe jam 1-an.🙂

    Comment by etja — September 14, 2007 @ 12:15 pm

  4. disamping kwantitas jam belajar, yg lebih penting adalah kwalitas, benar2 bljr dengan sepenuh hati, sistimatika, enjoy. jangan terpaksa, semoga anda sukses

    Comment by marsal — September 16, 2007 @ 8:08 am

  5. Gak kebayang … untung gak jadi medical student. Hmm .. hm… ingat masa lalu ah .. oh ya Fisiologi ngulang sampai tiga kali … biokimia ambil dua kali, yang kedua dapat D :))

    Comment by Enade — October 20, 2007 @ 6:29 pm

  6. Hihi5x, manesha..aku jd inget janjiku awal semester tiga tuk belajar tiap hari. ak penuhi janji itu meski belajar hanya 40 menit. finally ak sadar semua itu gak cukup🙂

    Comment by elvy — January 19, 2008 @ 4:15 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

