Catatan Etja

September 14, 2007

Olahraga

Filed under: Medical, Opini — etja @ 3:42 pm

Banyak yang bertanya tentang bagaimana cara nya menguruskan badan yang benar, olahraga yang benar, dan pertanyaan2 sejenis itu kepada saya. Ada yang bercerita kalau dia sudah rajin olahraga tapi kok masih tetap penuh lipid sana sini.

Jadi mari kita luruskan kekeliruan itu disini.
Gampangnya,aktivitas itu membutuhkan energi, nah dalam rangka menghasilkan energi itu tubuh mengambil dr makanan yang kita cerna, dalam hal ini yang  terbanyak adalah glukosa dan lemak.

Nah kalo kita beraktivitas akan ada proses pembakaran bahan2 itu. Pembakarannya bukan sembarang dibakar saja. Mekanismenya gini, jika kita berolahraga dalam waktu singkat, maka yang terjadi adalah pengambilan energi dr glukosa secara anaerob. Baru jika kita berolahraga dalam waktu lama (kurang lebih 30 menit), terjadi lipolisis yang menghasilkan energi lebih besar dan membakar lemak di tubuh.
Kesimpulannya :

1. Kalau anda mau melatih otot lakukan lah olahraga berat dalam waktu relatif singkat secara teratur

TAPI

2. Kalau anda mau mengurangi lemak, lakukanlah olahraga sedang (jogging) minimal 30 menit seminggu tiga kali untuk memastikan terjadinya lipolisis (pembakaran lemak)

ps:maap ga detil..dah agak malam..jd ngantuk😀

pps: mari kita sama2 berjuang ~dr yg lagi diet juga~

1 Comment »

  1. kalo pengen gendut?

    ada saran?
    kayakna Tn pun tak bisa menggendutkan saya

    pengen gendut tapi ga di perut euy >.<

    Comment by dina — September 15, 2007 @ 1:35 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: