Catatan Etja

January 1, 2008

Mengapa kita demam ?

Filed under: Konsultasi, Medical — etja @ 2:44 am

Ketika kita merasa sakit, seringkali suhu tubuh kita ikut meningkat. Sebenarnya, apa yang terjadi ?? Mengapa kita demam ??

Tubuh kita itu punya semacam pusat perintah suhu (semacam remote control AC), pada kondisi sakit tubuh kita secara sengaja menset remote ini supaya lebih panas.. Apa tujuannya ?? agar kuman yg menginfeksi kita itu tidak aktif (krn kerja kuman itu maksimal pada suhu tubuh normal),

Pada saat awal2 kita mau demam, tubuh kita sudah menset agar AC tubuh menjadi suhu lebih tinggi dr normal ( > 36.5 derajat celcius), namun pada awalnya kondisi tubuh kita kan masih suhu 36 derajat. Jadi ada ketidak sesuaian antara perintah dr pusat AC tubuh dan suhu tubuh sendiri. Otomatis, tubuh kita setelah itu mencoba mencapai suhu yang diminta AC tubuh itu ( > 36,5) . Bagaimana caranya, yaitu dg proses menggigil, itulah mengapa kita menggigil ketika mau sakit.

Nah untuk demam2 ringan dan terutama pada anak muda, pertahanan tubuh kita sendiri sebenarnya akan mampu mengobati diri kita. Setelah kuman2 itu berhasil dibasmi oleh sistem pertahanan kita, maka tubuh kembali menset AC agar menjadi suhu normal lagi. Untuk menghilangkan kalor yang ada di tubuh ini, maka tubuh kita mengeluarkannya dalam bentuk keringat, kencing, dan juga udara nafas. Itulah mengapa ketika kita berkeringat kita merasa lebih sehat, karena sebenarnya keringat adalah pertanda tubuh kita sudah sukses mengKO kuman.

Tapi, pada kasus demam2 tinggi (mencapai 40 drajat celcius) atau pada orang dg daya tahan tubuh jelek, demam tidak bisa dibiarkan begitu saja, sebab panas yg tinggi ini bukan hanya akan merusak kuman, tapi juga tubuh kita sendiri. Itulah mengapa pada kasus demam tinggi disarankan minum obat anti panas (atau bisa juga dikompres dg air biasa [bukan dingin]), plus obat untuk membunuh kumannya (particularly, anti biotik sesuai resep dokter).

note : sebenarnya berselimut ketika demam tidak disarankan, terutama pada anak2 atau orang tua, karena pada mereka kemampuan tubuh untuk membuang panas (lewat keringat) tdk terlalu baik, sehingga memberikan selimut justru akan semakin meningkatkan panas tubuh dan dapat mengakibatkan heat stroke.

9 Comments »

  1. “…berselimut ketika demam tidak disarankan…”

    tapi kenapa yah, kadang2 ketika demam, walaupun panas tubuh sebeneranya tinggi, kok rasanya dingin dan pinginnya ndekem dalam selimut

    Comment by ossa — February 12, 2008 @ 9:53 am

  2. Hei Manesh..
    boleh coba jawab ga?
    Qt ngrasa dingin waktu demam itu krn pusat pengatur suhu tubuh qt di hipothalamus men-setting suhu tubuh lebih tinggi dari biasanya yg berkisar 36-37 derajat..karena itu tubuh qt merasa suhu lingkungan yg sebenernya biasa aja jadi lebih dingin..so pgnnya selimutan trus..
    mm kurang lebih si gitu..ya ga si Nesh?

    Thx ya Nesh commentnya..
    Blogmu keren Nesh..sangat membantu..
    ga kaya aq yang otak2 bisnis..hehhe

    Comment by Cheelpha — February 25, 2008 @ 6:50 am

  3. thx silva๐Ÿ™‚

    Comment by etja — February 25, 2008 @ 7:15 am

  4. Hmm,,

    tulisanmu bagus tuh,,

    keren2…

    Um,suka nulis ya??
    eh,,pernah kepikiran ga buat nyalurin ide2 kerenmu lewat karya tulis??

    (hehe,,,skalian promosi ney)

    bentar lagi kn ada SPBU 2K8 yg diadain forisma,,lmba karya tulis se FK unair,,tema ttg emerging and reemerging tropical disease,,

    berminat??coba liat blog forisma utk info lbh lanjut: forismafkunair.wordpress.com
    ๐Ÿ˜‰

    oya maret ada KPKM, lomba pemikiran kritis mahasiswa se nasional low,,kalu berminat juga diblog forisma juga ad info ttg itu,,

    semangat!!
    jangan lelah berkarya!!

    Comment by icha,, — February 25, 2008 @ 5:40 pm

  5. wah..
    thx..
    btw ini icha mana ya ??
    Icha coy ?? Icha Farizka? apa Icha yg satu lagi ??๐Ÿ˜€
    sorry..clueless :(…
    Eh thx commentnya..
    duh nggak kok..cuma belajar nulis dikit2 aja…
    lomba ya ?? kalo emang boleh ikut sih gpp๐Ÿ™‚ hehehe

    tp tulisanku lo biasa2 aja…

    thx anyway๐Ÿ™‚

    Comment by etja — February 26, 2008 @ 2:39 am

  6. Ide bagus lo Nesh..
    aq dukung km iqutan lomba karya tulis..
    smangat!๐Ÿ˜€

    Comment by Cheelpha — February 26, 2008 @ 3:04 pm

  7. tapi saya kalo demam justru ga pengen pake selimut…
    soalnya malu… apalagi demam panggung.
    *hehehe*

    Comment by maverickz88 — March 1, 2008 @ 2:43 am

  8. notifikasi:
    bro link aku berubah ke http://www.andiewicaksono.com
    yang lama dihapus aja, thanks

    Comment by andie wicaksono — April 16, 2008 @ 1:48 pm

  9. Oh…. dikompres sama air biasa (bukan dingin) ya?

    Baru tahu sekarang nih ane….

    Comment by Reza Ditya Bramahendra — May 19, 2008 @ 2:33 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: