Catatan Etja

August 18, 2008

Proposal disetujui!!

Filed under: Medical, Opini — etja @ 11:45 pm

Yay..akhirnya proposal penelitian saya sudah disetujui.. Horeee🙂

====
Ilmuwan yang Bertanggungjawab

Sebagai syarat menyelesaikan semester 4 ini, mahasiswa di kampus saya diwajibkan untuk membuat sebuah proposal penelitian, yang nantinya pada semester 5 akan dilaksanakan oleh mahasiswa bersangkutan.

Sebenarnya banyak pro dan kontra di dalam kampus seputar adanya keharusan membuat proposal dan melakukan penelitian ini. Sebab, kebanyakan fakultas kedokteran yang sudah menganut sistem PBL, tidak lagi mengharuskan pembuatan karya ilmiah bagi mahasiswanya. Bahkan ada beberapa staf pengajar yang secara terang-terangan menyatakan ketidaksukaannya akan adanya penelitian ini (merasa direpotkan karena menjadi dosen pembimbing)

Bagi saya sendiri, penelitian ini adalah sebuah hal yang sangat penting. Mengesampingkan kesenangan personal saya terhadap penelitian, saya tetap merasa adalah suatu kewajiban bagi mahasiswa sebagai ujung tombak ilmu pengetahuan untuk dapat melakukan penelitian dan menuliskannya dengan baik. Apalah artinya ilmu dan skill yang menjulang kalau nantinya ketika kita meninggal ilmu itu akan lenyap bersama sel abu-abu yang membusuk di kepala kita.

Kebanyakan orang, khususnya di kalangan dokter (citation needed😛 ) cenderung menciptakan dikotomi janggal antara praktisi dan peneliti. Mereka berpendapat, menulis hanyalah pekerjaan bagi seorang peneliti. Hal ini jelas salah. Saya masih ingat kata-kata Prof. dr. Med Ali Baziad Sp.OG(K) ketika saya mengikuti kursus penulisan Makalah Ilmiah di Balikpapan akhir bulan Juli kemarin


Menjadi seorang praktisi bukan berarti menghilangkan kewajiban seorang dokter untuk menulis
                                                                                                 “

Seorang praktisi sekalipun tetap harus melakukan ”dokumentasi” terhadap hal-hal yang dia alami dan perbuat, minimal dalam bentuk studi kasus sekalipun. Ini merupakan sebuah tanggung jawab moral seorang ilmuwan atas ilmu yang sudah di peroleh.

Pada akhirnya, saya sendiri berharap penulisan penelitian tetap menjadi bagian yang harus dilaksanakan dalam sebuah pendidikan, kedokteran pada khusunya. Menulis adalah suatu bentuk pertanggungjawaban kita sebagai seorang ilmuwan🙂
Mari menjadi ilmuwan yang bertanggungjawab!🙂

1 Comment »

  1. Tja,
    ikut Temilnas di Medan?

    Comment by Nathanael — August 20, 2008 @ 4:37 pm


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: