Catatan Etja

August 26, 2008

New Semester = New Targets

Filed under: Daily Life — etja @ 10:45 am

Semester baru akhirnya tinggal kurang dari 1 minggu di hadapan saya. Seperti biasa, dalam tulisan ini saya ingin melakukan sedikit review terhadap kinerja saya di semster 4 yang lalu.

Berbicara jujur, saya sendiri cukup kecewa dengan kinerja pribadi saya di semester lalu, banyak sekali waktu yang saya lalaikan di semester lalu untuk hal-hal yang sebenarnya kurang esensial. Menurun sangat drastis jika saya boleh membandingkan dengan kinerja pribadi saya di semester 3. Secara pribadi rapor saya sendiri untuk semester lalu hanya pantas diberi nilai 5 dari skala 1-10. Jelas hal ini tidak bisa saya biarkan begitu saja.

Pertama saya akan membuat senarai hal-hal yang “keliru” dari saya pada semester 4 ini :

  1. Terlalu banyak main game online
  2. Terlalu banyak tidur (lebih dari 10 jam sehari!!)
  3. Terlalu banyak pikiran yang tidak penting karena kurangnya kegiatan produktif yang saya tekuni
  4. Ketidakpatuhan pada jadwal
  5. Malas-malasan dalam belajar
  6. Hampir tidak pernah mengikuti perkuliahan
  7. Melepaskan beberapa kegiatan produktif karena malas
  8. Kurang Olahraga
  9. Manajemen finansial yang kurang baik

Wah…banyak sekali rupanya hal-hal yang harus segera saya benahi. Saya yakin masih banyak kesalahan-kesalahan yang harus saya perbaiki, semoga bisa saya benahi sembari jalan.

Solusi yang terpikir saat ini untuk setiap poin adalah :

  1. Peraturan NO GAME KECUALI SABTU
  2. Policy Tidur 5 Jam
  3. Tingkatkan kegiatan produktif
  4. Buat jadwal lebih rapi
  5. Temukan kesenangan dalam belajar (beli buku2 pelajaran menarik)
  6. Ikut kuliah
  7. Pembuatan target dan prioritas
  8. Perlahan-lahan mulai berolahraga pagi
  9. Pencatatan finansial yang lebih tertata

Untuk target-target kegiatan saya di semster 5 antara lain :

  1. GPA 4.0
  2. Bagaimanapun, saya adalah seorang mahasiswa, saya harus senantiasa belajar dan memperdalam ilmu saya. Menetapkan target IP (Indeks Prestasi) 4.0 bukan berarti saya menjadi mahasiswa yang hanya IP oriented, namun tolok ukur yang paling mudah (bukan berarti yang paling tepat) untuk menilai keberhasilan studi jelas adalah IP mahasiswa yang bersangkutan.

Berbicara masalah IP, di semester 5 depan saya di hadapkan pada beberapa mata kulaih yang cukup berat, antara laian (1) Farmakologi (2) Patofisiologi (3) Patologi Anatomi (4) Ilmu Kesehatan Masyarakat (5) 3 modul PBL. Bukan matakuliah yang cukup gampang untuk ditaklukkan tapi bukan tidak mungkin untuk meraih straight A untuk mata kuliah tersebut.

Secara konkrit, langkah-langkah untuk mencapai target ini akan terkait erat dengan penyusunan jadwal pribadi saya. Saat ini yang terbayang di kepala saya adalah pengembalian porsi belajar minimal 6 jam per hari, Hal ini sebenarnya cukup rumit mngingat adanya target-target lain yang harus saya capai, namun target poin pertama ini harus saya prioritaskan terlebih dahulu mengingat ini adalah kunci utama saya dalam meraih masa depan.

  1. Penelitian ( Pengaruh Placebo terhadap Kemajuan Persalinan)

Target berikutnya yang harus saya kejar adalah penyelesaian penelitian yang proposalnya telah dirampungkan semester lalu.

  1. Buku untuk teman-teman di Myasthenia Gravis Indonesia
  2. Saya harus segera menetapkan deadline untuk para kontributor yang telah bersedia, perkiraan deadline adalaha 2 bulan terhitung mulai bulan September sampai Oktober 2008.
  1. Nusantara Finance
  1. Beberapa item yang harus segera saya perbaiki dalam bagian ini adalah (1) Pembukuan kredit dengan lebih baik (2) Alokasi waktu teratur untuk customer service

  1. Tentiran Faal untuk mahasiswa semester 3

Saya menyadari dan sangat memahami bahwa salah satu ilmu kedokteran terpenting adalah ilmu faal, Pada semester 3 lalu, saya sendiri cukup berhasil dalam mempelajari mata kuliah ini. Namun saya sangat yakin ilmu ini akan segera hilang jika saya tidak terus menggunakannya. Salah satu cara yang saya rasa akan cukup efisien adalah dengan memberikan tentiran kepada mahasiswa semester 3. Langkah ini saya harapkan juga membawa saya selangkah lebih dekat pada impian saya, yaitu menjadi seorang peneliti dan pengajar. Ini bukan lah hal yang tidak berisiko, Target kegiatan ini mengharuskan saya melakukan manajemen waktu dan energi dengan sangat hati-hati. Namun, dalam meraih mimpi tentu ada risiko yang harus saya lalui dan saya benar-benar berharap risiko ini dapat saya lalui, dan atasi dengan baik.

  1. Student Meet Practicioner Bidang Kesehatan dan Pelatihan PPGD
  2. Saya harus segera merampungka urusan ke kampus tentang perijinan acara ini, yaitu estimasi saya sekitar pertengahan bulan depan semua harus selesai.
  1. Beasiswa TN (khususnya angkatan XIV)
  2. Dalam poin ini saya rasa, saya harus segera mengkoordinasikan satu dan lain halnya bersama bendahara angkatan saya, Rizka Anindya S.

Phew.🙂

So many things to do🙂 tp harus semangat!! ganbarouuu!!

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

