Catatan Etja

August 30, 2008

Sebuah Titik Balik Perjalanan

Filed under: Daily Life — etja @ 3:01 am

Sekarang saya sudah berada di semester 5 fakultas kedokteran. Memang bukan waktu yang lama, tapi dalam waktu singkat itu saya sudah merasakan banyak sekali perubahan dalam hidup saya.
Terutama mengenai passion dengan bidang kedokteran.

Ketika awal masuk fakultas kedokteran, saya sendiri merasa tidak terlalu cocok dengan perkuliahannya. Nilai saya juga pas-pasan ketika awal perkuliahan, tidak jelek, tapi jauh dari bagus. Kadang saya sendiri merasa down kala itu, merasa tidak berbakat dan merasa gagal di fakultas kedokteran. Perasaan ini terus berlanjut ketika semester 1 dan semester 2.

Adalah ketika semester 3 saya akhirnya perlahan-lahan mulai menemukan passion di bidang ini. Kalau saya melihat ke belakang tentu ada beberapa orang yang harus saya ucapkan terimakasih secara khusus atas perubahan positif yang telah mereka bawa.

1. My father and my mother🙂
My Father : Sumber inspirasi tanpa batas
My Mother : Sumber kasih tanpa batas

ps: we’ll write story about them in special section🙂

  1. 2. Teman2 Myasthenia Gravis Indonesia

Ketika awal semester 3, saya membuat sebuah tulisan tentang Myasthenia Gravis di blog ini (sampai saat ini masih menjadi tulisan terpopuler di blog ini). Saya benar-benar tidak menyangka bahwa sebuah tulisan itu akhirnya berujung kepada sebuah tali silahturahmi baru di milis Myasthenia Gravis Indonesia. Di sinilah saya banyak membaca kisah teman2 yang menderita Myasthenia Gravis. Membaca tulisan mereka, merupakan sebuah pencerahan yang sangat besar buat saya. Seakan saya ditunjukkan jalan oleh Yang Kuasa, “Inilah yang harus saya lakukan, menghapus tangis itu”. Akhirnya saya sendiri sadar, kuliah kedokteran adalah sebuah perjalanan menuju amanat yang besar. Amanat yang harus digunakan dengan sebaik2nya, demi sebuah senyuman di wajah sesama manusia. Ya, saya rasa itulah tugas seorang dokter.


To be a doctor is
to cure seldom
to relieve often
but to COMFORT, ALWAYS!!

3. Mas Bambang
Mas Bambang, adalah senior saya di FK angkatan 2000. Beliau adalah guru yang luar biasa, Beliaulah yang mengajari saya dan teman-teman saya banyak hal tentang fisiologi. Masalah kepintaran benar-benar ga perlu dipertanyakan, belajar bersama beliau akan membuka cakrawala kita tentang dunia kedokteran. Cecar beliau dengan semua pertanyaan, dan beliau masih tetap akan menjawab dan menjelaskan sampai kita sendiri kehabisan pertanyaan. Bravo!!

Namun, yang paling istimewa dari mas Bambang bukanlah sekedar pelajaran fisiologi yang dia berikan, yang beliau berikan adalah cara belajar yang benar di FK, motivasi agar terus bersemangat di FK, dan yang terpenting tentunya adalah beliau mengajarkan tentang passion sebagai seorang dokter.🙂

Jikalau anda membayangkan mas Bambang sebagai sosok nerdy, klimis dan berbagai image anak pinter lainnya, anda keliru !😛 Mas Bambang adalah sosok yang sangat easy-going, gaul abis😛 Enak banget diajak becanda, tapi tentu saja bisa banget serius. Beliau adalah sosok all-in-one, seorang guru yang baik dan teman yang baik🙂

4. Adek Kelas Saya Anugerah Erlaut
Ketika itu di Surabaya sedang diadakan Olimpiade Sains Nasional, saya sebagai senior yang baik (aminnn😛 ) tentunya langsung mengunjungi adik2 kelas saya yang mengikuti Olimpiade ini. Salah seorang dari mereka bernama Anugerah Erlaut. Kali pertama bertemu dia sudah terlihat berbeda. Ada suatu hal di sorot matanya yang membuat saya penasaran tentang anak ini. Benar saja, keesokan harinya dia memperoleh medali Emas dan Best Theory untuk bidang Biologi.
Yea.. so dia si anak pinter yang cukup belajar sekilas aja dah bakal ngerti semua😛, at least ini yang aku pikir waktu itu.
Hari itu kemudian saya mengunjungi dia di kamar nya, di sanalah ia memperlihatkan sebuah binder tebal. OMG!!! Tahu apa isi binder itu ??!!!
Ringkasan dari buku Campbell yang tebelnya Naudjubilah!!
Dia membuat nya dengan sangat rapi.
A Slap in my face….
Dia bukan cuma rajin, dia bukan cuma pinter, dia adalah gabungan dua2nya
Pinter dan Rajin.
Orang sepinter anak ini aja, masih dengan tekun belajar dengan sungguh2. Jujur saja, aku malu, aku yang jelas2 jauh lebih lemah daya tangkapnya dibanding dia, masih aja malas2an.
Thx ya Gi😉 u opened my eyes.

ps : banyak cerita seru seputar anak ini😉 but thats another story🙂

Semua di atas lah yang saya rasa perlu saya sampaikan terimakasih yang mendalam dan khusus, atas semua perubahan yang mereka bawa pada diri saya, atas setiap petunjuk mereka.

I Love u All🙂

11 Comments »

  1. WAHHH pidato yg sungguh menyentuh…
    tak menyangka kalau orang2 pesakitan seperti kami2 ini bisa memotivasi seorang calon dokter…!

    semangat ya Ja!!!
    Mudah2an semakin banyak calon dokter yang hatinya tergerak untuk menolong orang lain seperti kamu!!!!

    dewina-MGI

    Comment by mahabarista — August 31, 2008 @ 6:38 am

  2. wah calon dokter jago juga bikin naskah ya..🙂 hehe.. mana postingan terbarunya???

    Comment by kucingkeren — September 10, 2008 @ 7:10 am

  3. Etja …
    Semoga tetap dalam “spirit” selalu ..

    Keep fight!!

    Comment by deddinordiawan — September 21, 2008 @ 4:18 pm

  4. wow, kayaknya baru impor blog? Terakhir saya ke sini, masih tulisan “demam” ^^

    kaget juga, sekali baca, ada beberapa posting yg baru, sepertinya udah banyak berubah yah kamu🙂 Makin dewasa.

    semoga tulisan ini, bukan hanya jadi motovasi bagi penulis, tetapi juga buat saya dan pembaca2 lain. Keren loh tulisannya. Hontou. Sasuga. (Maaf tidak menemukan pada kata dalam bahasa Indonesia yg benar2 merepresentasikan “ekspresi”nya)

    Tetap nulis yah di sela2 kesibukan. Ciptakan “Myasthenia Gravis”2 lain. Ja,

    Comment by ossa — October 16, 2008 @ 10:44 am

  5. kenalkan,bang..saya tn xvi

    wah…dulu pernah buka blog ini…

    sekarang udah ‘beda’, udah agak lebih personal dan nggak ‘medical’ terus…😛

    great posts..
    saya link ya, bang

    Comment by akhirsyawbe — November 10, 2008 @ 12:26 pm

  6. hehe..baru pertama baca bloG anda nih,,

    isinya bguuss..

    taun ni saya smester 5 d fk..n ga taw napa tiba2 saya jadi ngerasa nge down bget..nget..saya merasa ketinggalan dgn teman2 saya…………saya hanya selalu terpaku dengan nilai
    bt beratt..
    saya ingin menjadi orang yang mengejar ilmu bukan hanya nilai..
    tapi bingung dalam motivasi diri…hikss…

    need 4 help.,,thx

    Comment by nez — January 9, 2009 @ 12:46 pm

    • @all :makasi2..🙂 sering2 dateng ya..
      @nez : wah.. down kenapa ?🙂 sy juga sering bgt down kalo pas kuliah gini..tapi kalo sy pribadi berusaha untuk membuat kegiatan belajar menjadi kegiatan menyenangkan (misal : kalo belajar sy sendiri prefer pake text book ketimbang hand-out mengingat kalo pake handout gambarnya jelek.. hehehe.. jadi hilang nafsu belajar😀 )
      trus kalo down lagi coba dg mengingat mimpi2 saya dan target2 saya🙂
      kalo ga ya coba pas wiken cari kegiatan lain🙂 biar ada variasi..
      tp tetep aja si..banyak titik2 jenuh..syukurnya sy tinggal bareng fellow medical stud, jadi bisa share klo lg down🙂
      kalo mo ngobrol2 mari lo.. sy sering online di email_etja@yahoo.com😉

      Comment by etja — January 9, 2009 @ 2:57 pm

  7. hmm..ntahlah(duh bahasanyaa…)

    mungkin agak kecewa aja dengan nilai saya yang baru keluar..gak sesuai target,,lmayan bkin depresi padahal teman2 main saya nilainya oke2 hampir mendekati nilai sempurna..hiks…

    tpi mungkin karena saya kurang usaha kli yah,,hmm…jadi iri dengan kamu, secara klo dliat2 kita sama2 smester5 skr,tpi kmu uda bisa share2 tentang ilmu n bisa mengaplikasikannya..saluuttt…

    hehehehe…

    Comment by nez — January 10, 2009 @ 12:16 pm

  8. btw ada YM?ato YM na make email itu?email_etja?
    thanx yah uda di ajak share..

    –nez–

    Comment by nez — January 10, 2009 @ 12:27 pm

  9. Yang untuk titik balik di semester 6 mana ya bang?
    Ditunggu ya.😛

    Comment by abafananwar — February 7, 2009 @ 7:31 am

  10. Bang manesh,ayo posting lagi.Menulis adalah belahan jiwa…

    Comment by nofaal — March 5, 2009 @ 6:30 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

